Entri Populer

Selasa, 26 Juni 2012

Menteri Kabinet India Mengundurkan Diri Akibat Korupsi



New Delhi (AFP/ANTARA) - Seorang menteri kabinet India mengundurkan diri pada Selasa, setelah pengadilan negara menuntut dia melakukan korupsi, menindaklanjuti rasa malu terhadap skandal yang mencemarkan pemerintahan Perdana Menteri Manmohan Singh.

"Saya telah mengajukan surat pengunduran diri saya kepada perdana menteri dan saat ini terserah kepada dia untuk melanjutkanya," kata Virbhadra Singh, menteri industri kecil, mikro, dan menengah, kepada wartawan.

Langkah itu terjadi sehari setelah pengadilan di Himachal Pradesh menuntut Singh dan istrinya dengan konspirasi dan korupsi dalam kasus yang sudah berusia 23 tahun yang berkaitan dengan salah satu kebijakannya dalam lima tahun masa jabatannya sebagai kepala menteri dari negara bagian di wilayah utara India tersebut. 

Pasangan itu membantah semua tuduhan tersebut, namun seorang pejabat senior dari kantor perdana menteri mengatakan kepada AFP bahwa Manmohan Singh sudah menerima pengunduran dirinya.

Meski kasusnya sudah lama, tuntutan terhadap menteri itu adalah pukulan mendalam pada citra koalisi yang berkuasa di India tersebut, yang mengalami pergolakan dalam serangkaian skandal korupsi.

Kasus besar tersebut juga melibatkan mantan menteri telekomunikasi A. Raja, yang berhenti pada November 2010 akibat penjualan lisensi generasi kedua (2G) jauh di bawah tingkat komersil mereka kepada perusahaan yang terpilih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar